-->

Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Bunga Nusa Indah

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Bunga Nusa Indah. Silahkan disimak!

a. Morfologi

Bunga nusa indah memiliki batang  yang tingginya mencapai sekitar  2-5 meter. Berbentuk bulat, memiliki percabangan yanga  rapat, permukaan batang yang  kasar, berwarna coklat. Bunga nusa indah juga mempunyai daun  tunggal, berhadapan, bertangkai bulat, berbulu, panjang panjangnya sekitar  1-3 cm.  Berwarna hijau kemerahan,helaian daun benluk oval atau lonjong, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, pertulangan menyirip, panjang 8-15 cm, lebar 4-8 cm, permukaan berbulu. Mempunyai susunan bunga majemuk, di ujung cabang atau batang, bentuk malai, kelopak semu bentuk oval, ukuran seperti daun, dasar mahkota bentuk tabung, ujung lepas, 4 helai, warna oranye, permukaan berbulu. Mempunyai biji tunggang, berwarna kuning kecoklatan, dan bijinya berbentuk lanset, kecil, berwarna coklat. Akar dari bunga nusa indah adalah berakar serabut dan berwarna putih kekuningan (Anonim, 2011).


b. Klasifikasi

Adapun klasifikasi dari tumbuhan Mussaenda frondosa menurut Anonim 2011 sebagai berikut:
Kingdom: Plantea
Divisi: Spermatophyta
Kelas: Dicotyledoneae
Ordo: Rubiales
Family: Rubiaceae
Genus: Mussaenda
Spesies: Mussaenda  frondosa


c. Ekologi

Bunga nusa indah (Mussaenda frondosa) dapat dijumpai di halaman muka rumah yang fungsinya mempercantik tampilan rumah tersebut. Namun, tanaman hias yang terkadang bisa tumbuh liar di semak dan lereng bukit ini ternyata memiliki khasiat sebagai obat.  Dapat tumbuh pada daerah  dataran rendah hingga dataran tinggi atau pada ketinggian 1 meter hingga 1.700 meter di atas permukaan laut. Dapat berbunga pada musim panas dan pemanenan dapat dilakukan sepanjang tahun (Anonim, 2011).


d. Nilai medis

Daun dalam keadaan segar atau setelah dikeringkan dapat dijadikan obat, bisa digunakan untuk pemakaian luar dan pemakaian dalam. Penyakit yang dapat diobati atau disembuhkannya adalah sebagai anti bakteri, anti radang, pembersih darah dan penurun panas, selain itu digunakan sebagai  obat  influensa dan obat batuk/bronkitis. Batang dari bunga nusa indah juga dapat digunakan untuk  mengatasi dan mecegahkanker payudara. Kandungan kimia yang dimilikinya adalah mengandung saponin, kardenolin dan polifenol (Anonim, 2011).


e. Nilai komersial

Nilai komersial dari bunga nusa indah belum dapat diketahui karena bunga nusa indah dapat dijumpai di halaman rumah sebagai tanaman hias. Karena bunga nusa indah atau biasa disebut dengan daun putri hanya digunakan sebagai obat tradisional dan belum ada obat herbalnya, jadi boleh di katakan nilai jualnya belum ada (Anonim, 2011).

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Bunga Nusa Indah, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)