-->

Cara Perkembangbiakan Manusia

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Cara Perkembangbiakan Manusia. Silahkan disimak!

Sama halnya dengan hewan dan tumbuhan, manusia juga berkembang biak untuk mempertahankan jenisnya. Coba kamu perhatikan keluargamu. Terdiri dari siapa sajakah keluargamu?

Keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Ayah dan ibumu menikah, kemudian melahirkan kamu, dan kamulah yang akan melanjutkan kehidupan kemudian. Proses perkembangbiakan manusia diawali dari pembuahan, yaitu bertemunya sel kelamin betina (sel telur) dengan sel kelamin jantan (spermatozoid). Kemudian menghasilkan zigot. Zigot akan tumbuh dan berkembang menjadi embrio. Pada mulanya, embrio terdiri atas sel-sel berbentuk bola kecil. Embrio akan terus tumbuh dan berkembang di dalam rahim ibu menjadi janin. Janin adalah embrio yang sudah terbentuk menjadi bayi. Embrio mendapatkan sari-sari makanan dan oksigen dari ibunya melalui plasenta (tali ari-ari). Waktu yang dibutuhkan dari mulai pembuahan sampai melahirkan adalah 9 bulan.

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Cara Perkembangbiakan Manusia, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)