-->

Kalender Masehi Dan Hijriyah (Tahun Syamsiah Dan Komariah)

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Kalender Masehi Dan Hijriyah (Tahun Syamsiah Dan Komariah). Silahkan disimak!

Tanggal berapakah kamu lahir? Dan tahun berapakah kamu lahir? Jika saat ini tahun 2008, apakah kamu berusia 13 tahun? Untuk mengetahui usiamu dapat menggunakan kalender atau almanak. Ada dua cara untuk menentukan almanak atau kalender, yaitu:

a. Berdasarkan perhitungan-perhitungan gerak matahari atau gerak bumi berevolusi terhadap matahari yang disebut tahun matahari atau tahun syamsiah (matahari). Contohnya, tahun masehi.
Tahun syamsiah dihitung berdasarkan lamanya bumi sekali beredar mengelilingi matahari, yakni 365 hari, 5 jam 48 menit, 46 detik atau dibulatkan menjadi 365 hari. Setelah ditetapkan bahwa tiap tahun terdiri atas 365 hari, tetapi setiap tahun kurang — hari. Maka, agar perhitungan tarikh ini tetap, setiap 4 tahun sekali ditambah dengan satu hari (pada bulan Februari). Tahun ini disebut tahun kabisat, yaitu tahun yang jumlah harinya 366 hari.

b. Berdasarkan perhitungan-perhitungan gerakan bulan atau revolusi bulan terhadap bumi, disebut tahun bulan atau tahun komariah.
Tahun komariah dihitung menurut peredaran bulan. Bulan mengelilingi bumi dalam waktu 29 hari 12 jam 44 menit atau dibulatkan menjadi 29 — hari. Satu tahun ada 12 bulan yang berganti-ganti jumlah harinya, yaitu 29 hari dan 30 hari tiap bulannya. Dalam satu tahun berjumlah 354 hari. Kalender komariah disebut juga kalender Hijriah, yang artinya pindah, diawali dengan hijrahnya Nabi Besar Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Kalender komariah lebih cepat 11 hari dari kalender Masehi. Oleh karena itu, tanggal 1 Syawal jatuh pada bulan Masehi yang berbeda beda.

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Kalender Masehi Dan Hijriyah (Tahun Syamsiah Dan Komariah), yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)