-->

Pengertian Dan Macam Jaringan Tumbuhan

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Pengertian Dan Macam Jaringan Tumbuhan. Silahkan disimak!

Pengertian

Jaringan adalah kumpulan sel-sel yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama serta mengadakan hubungan dan koordinasi satu dengan yang lainya yang mendukun pertumbuhan pada tumbuhan (Mukhtar, 1992). Jaringan adalah kumpulan sel-sel yang berhubungan erat satu sama lain dan mempunyai struktur dan fungsi yang sama. Tumbuhan berpembuluh matang dapat dibedakan menjadi beberapa tipe yang semua dikelompokkan menjadi jaringan (Kimball, 1992). Jaringan adalah kumpulan struktur, fungsi, cara pertumbuhan, dan cara perkembangan (Brotowidjoyo, 1989).


Macam Jaringan Tumbuhan

Jaringan menurut fungsinya dibedakan menjadi dua yaitu jaringan muda atau meristem dan jaringan dewasa atau permanen (Kimball,1992). Jaringan terdiri dari jaringan muda atau meristem, jaringan dasar atau parenkim, sklerenkim, xilem, dan floem (Brotowidjoyo, 1989).

Jaringan meristem dibagi menjadi tiga yaitu meristem apikal yang terletak di ujung batang dan akar, meristem lateral yang terletak di kambium gabus dan meristem interkalar yang terletak diantara satu dan lainnya (Kimball,1992). Jaringan meristem adalah jaringan muda yang terdiri atas sel-sel yang mempunyai sifat membelah diri. Fungsinya untuk mitosis, dimana sel-selnya kecil, berdinding tipis tanpa vakuola tengah di dalamnya (Yartim, 1987). Jaringan muda yang sel-selnya selalu membelah atau bersifat meristematik. Fungsi sel meristematik adalah mitosis. Bentuk dan ukuran sama relatif, kaya protoplasma, umumnya rongga sel yang kecil (Prawiro, 1997).

Berdasarkan letaknya jaringan meristem dibedakan menjadi 3 yaitu :
- Meristem lateral (meristem samping) yang terdapat pada batang tepatnya di cambium atau cambium gabus.
- Meristem interkalar (meristem antara) yang terdapat di antara jaringan dewasa, misalnya pangkal ruas batang.
- Meristem apical (meristem ujung) yang terdapat diujung batang atau ujung akar.
Berdasarkan asal terbentuknya, jaringan meristem terbagi atas 3 yaitu :
- Pro meristem adalah jaringan meristem yang telah ada ketika tumbuhan masih dalam tingkat embrio.
- Meristem primer adalah jaringan meristem yang ada pada tumbuhan muda biasanya ada pada ujung-ujung tumbuhan seperti akar atau pucuk. Jaringan ini masih aktif  membelah sehingga  menyebabkan organ tumbuhan bertambah panjang atau bertambah tinggi.
- Meristem sekunder adalah jaringan meristem yang terdapat pada jaringan dewasa yang telah terhenti pertumbuhannya, tetapi menjadi embrional kembali. Meristem sekunder terdapat pada cambium. Kambium inilah yang selalu tumbuh dan membelah selama hidup tumbuhan yang menyebabkan pelebaran atau pembesaran batang.

Jaringan permanen dibagi menjadi 5 yaitu jaringan epidermis dan jaringan parenkim, jaringan penyokong atau penguat, jaringan pengangkut dan jaringan gabus (Yartim, 1987). Jaringan permanen merupakan jaringan yang telah mengalami deferensiasi. Umumnya jaringan dewasa tidak membelah diri, bentuknya pun relatif permanen serta rongga selnya besar (Mulyani, 1980).

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Pengertian Dan Macam Jaringan Tumbuhan, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)