-->

Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Tumbuhan Mangga

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Tumbuhan Mangga. Silahkan disimak!

A. Morfologi

Mangifera indica (mangga) merupakan tanaman yang tergolong berdaun tunggal karena pada tangkai daunnya hanya terdapat satu helaian daun saja. Mangga mempunyai deskripsi circumscriptio (bangun daun) lanceolatus (berbentuk lanset),  intervenium (daging daun) papyraceus (seperti kertas), margo folii (tepi daun) integer (rata), apex folii (ujung daun) acuminatus (meruncing), basis folii (pangkal daun) acutus (runcing), nervatio (pertulangan daun) penninervis (menyirip), permukaan daun scaber (kasap), dan duduk daun tersebar (folio sparsa), (Gembong, 1985).


B. Klasifikasi

Adapun klasifikasi dari tumbuhan ini sebagai berikut :
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Kelas : Dicotyledoneae
Ordo : Sapindales
Famili : Anacardiaceae
Genus : Mangifera
Spesies : Mangifera indica


C. Ekologi

Mangifera indica (mangga) merupakan tanaman buan tahuna berupa pohon yang berasal dari India. Tanaman ini kemudian menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Malaysia dan Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut dengan suhu optimum antara 24° - 27°C. Tanaman ini hidup di daerah tropis dengan curh hujan 1000  /tahun. Toleran dengan tingkat keasaman tanah atau pH 6 – 7,5 serta kelembaban tanah 70% - 80% , (Teberlinds, 1987).


D. Nilai Medis

Mangga memiliki banyak manfaat dalam bidang medis. Buah mangga dapat digunakan untuk mengobati penyakit radang kulit, influenza, asma, gangguan penglihatan,dan radang saluran pernapasan. Buah mangga mengandung vitamin C dan E serta  zat karotenoid yang biasa disebut Betacrytoxanthin yaitu bahan yang dapat menyembuhkan kanker, (Teberlinds, 1987).


E. Nilai Komersial

Tanaman mangga memiliki beberapa kegunaan yaitu buahnya dapat langsung dikonsumsi baik yang sudah matang ataupun yang masih mengkal. Buah mangga dapat dijadikan jus dan sebagai bahan campuran es buah. Daunnya yang masih muda dapat dijadikan campuran acar. Banyak hasil olahan buah mangga yang dipasarkan di berbagai tempat dalam kemasan jus, bahan campuran kue, dan lain – lain, (Teberlinds, 1987).

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Tumbuhan Mangga, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)