-->

Sistem Tata Surya Dan Matahari Sebagai Pusat Tata Surya

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Sistem Tata Surya Dan Matahari Sebagai Pusat Tata Surya. Silahkan disimak!

Bumi adalah sebuah planet yang merupakan anggota tata surya. Apakah tata surya itu? Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan planet-planet serta benda langit lainnya yang beredar mengelilingi matahari. Matahari dikelilingi delapan planet dan benda-benda langit lain. Benda-benda langit tersebut bergerak di angkasa. Benda langit bergerak dengan dua cara, yaitu berputar pada porosnya dan beredar mengelilingi matahari melalui garis edarnya. Garis edar benda langit berbentuk elips dan lazim disebut orbit.


Matahari sebagai Pusat Tata Surya

Bumi, bulan, dan anggota tata surya lainnya bergerak mengelilingi matahari pada lintasan tertentu. Matahari memiliki gaya gravitasi untuk menarik planet-planet dan benda-benda langit lain. Tetapi, planet pun memiliki gaya tolak sehingga tidak ada planet yang tertarik dan masuk ke matahari. Karena ada gaya gravitasi dan gaya tolak planet, maka beredarlah planet mengelilingi matahari.

Dilihat dari ukurannya, matahari sangat besar. Volume matahari hampir 1.000.000 kali volume bumi. Matahari merupakan bola gas yang sangat panas dan menghasilkan cahaya. Cahaya matahari membutuhkan waktu sekitar 8 sampai 28 detik untuk sampai ke bumi.


Planet-Planet

Planet adalah benda langit dalam tata surya yang beredar mengelilingi matahari pada lintasannya yaitu orbit. Planet tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi dapat memantulkan cahaya matahari. Planet yang beredar mengelilingi matahari berjumlah delapan, berdasarkan hasil pertemuan para ahli atau astronom dalam Uni Astronomi Internasional tanggal 24 Agustus 2006. Planet-planet itu adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Pluto yang tadinya termasuk ke dalam planet, sekarang dinamakan planet kerdil yang masuk ke dalam satelit.

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Sistem Tata Surya Dan Matahari Sebagai Pusat Tata Surya, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)