-->

Organ Pada Tumbuhan (Akar, Batang, Daun)

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Organ Pada Tumbuhan (Akar, Batang, Daun). Silahkan disimak!

Organ tumbuhan biji yang penting ada 3, yakni:
1. Akar ( Radix)
2. Batang ( Caulis ) (membentuk sistem organ nutritivum)
3. Daun. ( Follium)

Sedang bagian lain dari ketiga organ tersebut adalah modifikasinya, contoh:
1. umbi modifikasi akar
2. bunga modifikasi dari ranting dan daun.
3. bunga yang diserbuki (membentuk organ reproduktivum)
4. biji ada di buah


Akar

Asal akar adalah dari akar lembaga (radix). Pada Dikotil, akar lembaga terus tumbuh sehingga membentuk akar tunggang. Pada Monokotil, akar lembaga mati, kemudian pada pangkal batang akan tumbuh akar-akar yang memiliki ukuran hampir sama sehingga membentuk akar serabut. Akar monokotil dan dikotil ujungnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra, yang fungsinya melindungi ujung akar sewaktu menembus tanah, sel-sel kaliptra ada yang mengandung butir-butir amylum, dinamakankolumela.


Batang

Terdapat perbedaan antara batang dikotil dan monokotil dalam susunan anatominya. Terlihat berkas pengangkut pada Dikotil melingkar teratur karena berkambium bertipe kolateral terbuka, sedang pada monokotil tersebar karena tidak berkambium dan tipe berkas pengangkutnya Kolateral tertutup.


Daun

Daun merupakan modifikasi dari batang, merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak berlangsung di daun.

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Organ Pada Tumbuhan (Akar, Batang, Daun), yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)