-->

Pengertian Dan Jenis Jenis Lipid

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Pengertian Dan Jenis Jenis Lipid. Silahkan disimak!

Lipid adalah sekumpulan senyawa didalam tubuh yang memiliki cirri-ciri yang serupa dengan alam, gemuk (grease) atau minyak. Karena bersifat hidraofibik, gologan senyawa ini dapat dipakai tubuh sebagai sarana yang bermanfaat untuk berbagai keperluan. Misalnya jenis lipid yang dikenal sebagai trigliserida berfungsi sebagai bahan bakar yang penting. Senyawa ini sangat efisien untuk dipakai sebagai simpanan bahan penghasil energi karena terkumpul dalam butir-butir kecil yang hamper bebas air, membuatnya jauh lebih ringan dari pada timbunan karbohidrat yang setara yang sarat air. Jenis lipid yang lain lagi merupakan bahan structural yang penting. Kemampuan lipid jenis ini untuk saling bergabung menyingkirkan air dan senyawa polar lain menyebabkannya dapat membentuk membran sehingga memungkinkan adanya berbagai organisme kompleks. Membran tersebut memisahkan satu sel dengan sel yang lain didalam jaringan serta memisahkan berbagai organel  didalam sel menjadi ruangan-ruangan yang memiliki  cirri kimia tertentu sehingga dapat ditata dan diatur sendiri (Gilvery dan Goldstain, 1966).

Lemak dan minyak merupakan satu kelompok yang termasuk  didalam golongan lipid. Satu sifat yang khas dari senyawa ini adalah daya larutnya yang besar dalam pelarut organik dan tidak larut dalam pelarut air. Kelompok lipid dapat dibedakan berdasarkan polaritas atau struktur kimia tertentu. Kelompok lipid tersebut adalah:
1. Kelompok trigliserida ( lemak, minyak, asam lemak)
2. Kelompok turunan asam lemak ( lilin )
3. Fosfolipid dan serebrosida ( glikolipid )
4. Sterol dan steroid
5. Karotenoid

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Pengertian Dan Jenis Jenis Lipid, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)