-->

Benda Bersifat Konduktor Dan Isolator Serta Pemilihannya Dalam Kehidupan Sehari Hari

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Benda Bersifat Konduktor Dan Isolator Serta Pemilihannya Dalam Kehidupan Sehari Hari. Silahkan disimak!

Panas atau kalor dapat dihantarkan oleh benda, tetapi tidak semua benda menjadi penghantar panas yang baik. Benda-benda yang dapat menghantarkan panas disebut konduktor. Sedangkan, benda yang tidak dapat menghantarkan panas atau kalor disebut isolator. Benda apa saja yang dapat menghantarkan panas dengan baik? Benda yang terbuat dari logam dapat menghantarkan panas walaupun kecepatan penghantarannya berbeda-beda. Oleh karena itu, benda logam digolongkan ke dalam konduktor. Sedangkan, bendabenda yang terbuat bukan dari logam seperti plastik, kaca, kayu bukan penghantar panas yang baik, atau disebut isolator.

Dalam memilih benda untuk keperluan tertentu, kamu harus memperhatikan sifat-sifatnya. Ayo perhatikan uraian berikut.

1. Alat-Alat Rumah Tangga yang Bersifat Konduktor
Pernahkah kamu membantu ibu memasak di dapur? Peralatan apa saja yang sering ibu pakai? Coba kamu amati ketika ibu menggoreng ikan atau merebus air. Terbuat dari apakah alat-alat yang digunakannya? Panas dapat dipindahkan dari sebuah benda ke benda lain, namun kemampuan benda memindahkan panas berbeda-beda. Logam memiliki kemampuan menghantarkan panas yang baik. Alat alat dapur yang bersifat konduktor di antaranya adalah panci dan wajan.

2. Alat-Alat Rumah Tangga yang Bersifat Isolator
Dalam kehidupan sehari-hari, isolator banyak digunakan. Alat alat rumah tangga banyak yang menggunakan isolator, misalnya pegangan teko dan pegangan setrika. Kain wol dan udara merupakan penghantar panas yang kurang baik atau bersifat isolator. Apabila kita berselimut kain wol, badan kita menjadi hangat. Hal ini disebabkan panas badan tidak memancar keluar karena terhalang oleh selimut dan udara yang ada di antara selimut dan badan.

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Benda Bersifat Konduktor Dan Isolator Serta Pemilihannya Dalam Kehidupan Sehari Hari, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)