-->

Faktor Penyebab Perubahan Benda

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Faktor Penyebab Perubahan Benda. Silahkan disimak!

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan terjadinya perubahan-perubahan pada benda, sehingga benda tersebut tidak bisa lagi dimanfaatkan. Misalnya, roti menjadi busuk, kayu menjadi keropos atau lapuk, pisau berkarat, dan sebagainya. Menurutmu, apa penyebab perubahan pada benda tersebut? Bagaimana cara menghambatnya?


1. Pembusukan Pada Makanan

Semua makanan mengalami pembusukan. Makanan yang sudah membusuk tidak dapat dimanfaatkan lagi. Pada pembusukan, makanan berubah menjadi berbau, dan berlendir. Cepat lambatnya pembusukan tergantung pada penyebabnya misalnya roti dan nasi yang sudah lama disimpan.

Roti dan nasi yang membusuk akan ditumbuhi jamur yang berwarna kehitaman. Jamur tumbuh dan berkembang dengan cepat pada daerah yang lembab dan gelap.


2. Pelapukan pada Kayu

Perhatikan benda-benda di sekitarmu. Dapatkah kamu menemukan benda-benda yang terbuat dari kayu? Kekuatan dan umur penggunaan kayu dipengaruhi keadaan lingkungan, sehingga terjadi perubahan pada kayu. Kayu merupakan zat padat, tetapi memiliki lubang-lubang kecil atau pori-pori. Ketika dimasukkan ke dalam air, air akan meresap masuk ke dalam pori-pori tersebut. Udara yang lembab mengandung uap air yang banyak uap air ini pun dapat meresap ke dalam pori-pori kayu. Lama-lama, kayu yang keras akan menjadi lapuk oleh air. Agar kayu tahan terhadap pelapukan, maka harus dilapisi cat. Sehingga pori-pori pada kayu tertutup oleh cat.


3. Perkaratan

Logam dapat mengalami perubahan akibat keadaan lingkungan. Coba kamu perhatikan besi yang berkarat. Terjadinya karat merupakan contoh perubahan logam yang paling banyak ditemukan. Logam berkarat akan berkurang manfaatnya. Jika proses perkaratan terus berlanjut, logam akan menjadi lapuk. Tidak semua logam mengalami perkaratan, seperti emas dan alumunium. Untuk menghindari perkaratan besi dilapisi nikel yang biasa disebut parnikel. Atau, untuk memperlambat perkaratan, besi dilapisi dengan cat.

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Faktor Penyebab Perubahan Benda, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)