-->

Sifat Dan Kegunaan Benda Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Sifat Dan Kegunaan Benda Berdasarkan Bahan Pembuatnya. Silahkan disimak!

Setiap benda memiliki sifat tertentu berdasarkan bahan pembuatnya. Ayo cermati uraian berikut agar kamu memahaminya.


1. Benda atau Bahan Memiliki Sifat Tertentu

Tiap-tiap benda memiliki kegunaan tersendiri. Sifat-sifat benda dapat dikelompokan sebagai berikut.

a. Benda yang Bersifat Lentur
Dalam kehidupan sehari-hari, bahan karet sering digunakan untuk membuat benda. Benda yang terbuat dari karet bersifat lentur. Misalnya, ban, karet gelang, balon udara, dan sejenisnya.

b. Benda yang Bersifat Menghantarkan Panas
Bahan-bahan penghantar panas yang baik digunakan untuk alat alat rumah tangga seperti wajan, panci, oven dan sebagainya.

c. Benda yang Bersifat Menghambat Panas
Bahan dari kayu digunakan sebagai alat penghambat panas. Biasanya digunakan untuk pegangan atau alat yang berhubungan langsung dengan panas, misalnya pegangan setrika, pegangan penggorengan, pegangan panci, dan sebagainya.

d. Benda yang Bersifat Kedap Air
Bahan yang bersifat kedap air adalah plastik. Plastik digunakan untuk mengemas barang-barang agar tidak terkena air atau untuk mengemas bahan dari zat cair, misalnya minuman.


2. Kegunaan Bahan-Bahan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Coba kamu amati benda-benda yang selalu dibawa ke sekolah setiap hari. Terbuat dari apakah benda-benda tersebut? Apa kegunaannya? Ayo cermati uraian berikut.

a. Penghapus
Penghapus terbuat dari karet. Penghapus digunakan untuk menghapus kata-kata atau kalimat yang salah. Kita tidak perlu merobek kertas bila salah dalam menulis.

b. Pensil dan Pulpen
Pensil terbuat dari kayu, sedangkan pulpen terbuat dari plastik. Pensil dan pulpen digunakan untuk menulis.

c. Payung dan Jas Hujan
Apa yang kamu sediakan untuk bepergian ketika musim hujan? Tentunya payung dan jas hujan agar tidak kebasahan ketika kehujanan. Payung dan jas hujan terbuat dari bahan plastik karena plastik adalah bahan yang kedap air. Payung dan jas hujan dapat melindungi kita dari derasnya air hujan.

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Sifat Dan Kegunaan Benda Berdasarkan Bahan Pembuatnya, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)