-->

Hubungan Antara Gaya Dan Gerak

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Hubungan Antara Gaya Dan Gerak. Silahkan disimak!

Coba kamu perhatikan ketika batu kerikil dilontarkan oleh katepel. Mengapa batu kerikil dapat terlontar? Dengan gaya, benda dapat bergerak atau berpindah tempat. Gaya ada yang kuat ada pula yang lemah.

Besarnya gaya ditentukan oleh kuatnya tarikan atau dorongan. Besar gaya dapat diukur oleh alat yang dinamakan dinamometer. Gaya yang terjadi pada katepel adalah gaya pegas atau gaya elastis.

Pemain sepak bola menendang bola yeng berada di depannya. Bola menggelinding dengan cepat karena terdorong oleh kaki. Tendangan merupakan peristiwa gaya yang memiliki kekuatan. Besarnya gaya berpengaruh terhadap gerakan, misalnya tendangan bola tadi jika menggunakan gaya sekuat tenaga, bola tersebut akan melesat lebih kencang dan jauh. Sebaliknya, menendang bola dengan gaya yang lemah, bola akan menggelinding lemah juga.

Bagaimana dengan jungkat jungkit, apakah menggunakan gaya? Gaya pada jungkat-jungkit letaknya bergantian, adakalanya memberikan gaya, lawannya menerima pengaruh dan gaya bergerak naik. Selanjutnya, yang posisinya di atas harus memberi gaya untuk bergerak menekan ke bawah yang akhirnya terjadilah gerakan jungkatjungkit.

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Hubungan Antara Gaya Dan Gerak, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)