-->

Perpindahan, Perubahan, Dan Sumber Energi Listrik

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Perpindahan, Perubahan, Dan Sumber Energi Listrik. Silahkan disimak!

Mengapa terjadi perpindahan dan perubahan energi listrik? Ayo cermati uraian berikut ini agar kamu memahaminya.


1. Menunjukan Gejala Kelistrikan

Listrik pertama kali diamati oleh orang Yunani, sekitar enam ribu tahun sebelum masehi. Orang Yunani tidak langsung menyelidiki. Yang diamati adalah suatu batu ampar yang bisa menarik potongan kertas yang sebelumnya digosok dengan wol. Di zaman modern ini, listrik tidak asing lagi bagi kita. Kita selalu memanfaatkan listrik. Peralatan rumah tangga pun banyak yang menggunakan listrik, misalnya kipas angin, kulkas, televisi, setrika listrik, kompor listrik, dan sebagainya.

Energi listrik dibagi menjadi dua macam, yaitu: energi listrik tidak mengalir dan energi listrik yang mengalir (elektrodinamika). Listrik yang mengalir banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dapatkah kamu menunjukan gejala kelistrikan?


2. Sumber-Sumber Energi Listrik

Sumber energi listrik adalah suatu benda atau alat yang dapat menghasilkan listrik. Sumber energi listrik di antaranya adalah sebagai berikut.

a. Elemen Kering
Elemen kering disebut juga batu baterai. Bagian-bagian elemen kering adalah kutub negatif (anoda), kutub positif (katoda), dan elektrolit sama dengan elemen volta. Katoda elemen kering memakai batang karbon yang di atasnya di tutup dengan logam kuningan. Sedangkan, anoda elemen kering berupa lempengan seng. Elektrolit pada elemen kering, yaitu campuran salmiak dan batu kawi yang berbentuk pasta maupun serbuk arang.

b. Akumulator
Akumulator termasuk elemen basah. Bagian-bagiannya terdiri atas: Bejana kecil terbuat dari karet atau plastik, anoda menggunakan timbal peroksida, katoda menggunakan timbal yang mempunyai pori dengan warna abu-abu dan elektrolit menggunakan larutan sulfat (air aki). Sesudah akumulator dipakai beberapa lama, timbal dan timbal peroksida berubah menjadi asam sulfat. Akibatnya, kemampuan akumulator menjadi berkurang. Kemampuan akumulator harus diisi kembali dengan cara memasukan arus listrik searah. Peristiwa memasukan arus listrik ke dalam akumulator disebut penyetruman atau pengisian akumulator.

c. Dinamo Sepeda
Pada dinamo sepeda terjadi perubahan energi gerak menjadi energi listrik. Di dalamnya terdapat magnet yang berbentuk U dan suatu kumparan (lilitan kawat). Kumparan yang berada di dalam magnet akan berputar apabila kepala dinamo dipakai untuk memutarkan magnet yang menyebabkan arus listrik.

d. Generator
Generator adalah pembangkit tenaga listrik berupa dinamo yang besar. Generator terdiri atas kumparan yang diselubungi oleh suatu magnet yang menimbulkan listrik pada generator karena berputarnya magnet akibat gerakan mesin diesel dan turbin.

e. Pembangkit Tenaga Listrik
Energi listrik yang terbesar dihasilkan oleh generator listrik. Generator listrik merupakan dinamo raksasa. Mengapa? Karena dapat membangkitkan tenaga listrik yang begitu besar sehingga dapat memenuhi kebutuhan listrik di rumah-rumah.

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Perpindahan, Perubahan, Dan Sumber Energi Listrik, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)