-->

Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Tumbuhan Asoka

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Tumbuhan Asoka. Silahkan disimak!

a. Morfologi

Ixora paludosa (asoka)  tingginya bisa mencapai lebih dari 4 m. Lingkar pangkal batang bisa mencapai  40 cm. Batang tumbuhan dikotil ini berwarna gelap yang kadang-kadang disertai bercak-bercak oleh lumut kerak yang banyak menempel pada batang, cabang, dan ranting-rantingnya dengan akar tunggang. Kayunya relatif keras. Bentuk daun lonjong dengan ukuran panjang maksimum 24,2 cm dan lebar daun bagian tengah 9,6 cm. Warna bunga merah dengan susunan menggerombol. Sedang untuk asoka hibrida dalam segala hal, ukurannya lebih kecil. Kelebihan dari soka hibrida warna bunganya lebih variatif dan mudah ditanam. Warna bunga asoka hibrida ada yang berwarna merah, jingga, merah muda, kuning dan sebagainya (Syamsuhidayat, 1991).


b. Klasifikasi

Adapun klasifikasi asoka menurut Anonim, 2011 adalah sebagai berikut :
Kingdom: Plantae  
Divisi: Spermatophyta
 Kelas: Dicotyledoneae
 Ordo: Rubiales
Famili: Rubiaceae
Genus: Ixora
Spesies: Ixora paludosa L


c. Ekologi

Ixora paludosa (asoka) dapat tumbuh baik pada tanah sangat gembur, dengan ketinggian 0 – 400 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat bertahan hingga suhu 45°C, dimana terdapat 2 jenis kebutuhan cahaya, yaitu sinar matahari langsung dan tempat dengan kondisi lembab/gelap dengan kelembaban sekitar 70%  (Bohm, dkk, 1995).


d. Nilai medis

Ixora paludosa (asoka)  di samping memiliki bunga yang indah, juga berkhasiat sebagai obat luka baru dengan cara menumbuk halus batang dan akarnya yang kemudian dioleskan ke bagian yang terluka. Sedang kandungan kimia dari soka ini adalah saponim dan flavonoida (Lincoln, WA, 1986).


e. Nilai komersial

Ixora paludosa memiliki nilai komersial yaitu dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias, karena bunga asoka memiliki berbagai macam warna sehingga sangat bagus untuk memperindah taman. Biasanya para pedagang menjual dengan harga Rp 50.000,00 per pot (Anonim, 2011).

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Tumbuhan Asoka, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)