-->

Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Tumbuhan Sirsak

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Tumbuhan Sirsak. Silahkan disimak!

a. Morfologi

Bunga-bunganya teratur, 1-2 kuntum berada pada perbungaan yang pendek, berwarna kuning kehijauan, gagang bunga panjangnya sampai 2,5 cm, daun kelopaknya 3 helai, berbentuk segi tiga, tidak rontok, panjangnya sekitar 4 mm, daun mahkota 6 helai dalam 2 baris, 3 lembar daun mahkota terluar berbentuk bundar telur melebar, berukuran 3-5 cm x 2-4 cm. 3 lembar daun mahkota dalam berukuran 2-4 cm x 1,5-3,5 cm.  Benang sarinya banyak, tersusun atas barisan-barisan, menempel di torus yang terangkat, panjangnya 4-5 mm, tangkai sarinya berbulu lebat. Bakal buahnya banyak, berbulu lebat sekali, kemudian gundul (Dada, 2007).


b. Klasifikasi

Adapun klasifikasi sirsak menurut Plantamor, 2011 adalah sebagai berikut :
Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Kelas: Dicotyledoneae                
Ordo: Magnoliales
Famili: Annonaceae
Genus: Annona
Spesies: Annona muricata L


c. Ekologi

Sirsak merupakan jenis yang paling mudah tumbuhnya di antara jenis-jenisAnnona lainnya dan memerlukan iklim tropik yang hangat dan lembab. Sirsak dapat tumbuh pada ketinggian sampai 1000 meter di atas permukaan laut , dan meluas sampai ke 25° LS pada lahan yang ternaung. Pertumbuhan dan pembungaannya sangat terhambat oleh turunnya udara dingin, serta hujan salju yang ringan saja sudah dapat membunuh pohon sirsak (Verheij, E.W.M. dan R.E. Coronel (eds.). 1997).


d. Nilai medis

Menurut Dr.Hardhi, sirsak mengandung senyawa saponin, polifenol dan juga bioflavonoid yang memiliki khasiat sebagai antioksidan. Selain memiliki rasa yang enak, buah sirsak ini juga membantu memelihara kesehatan, mencegah penyakit serta mengobati penyakit seperti mengobati asma, cacingan, hipertensi, lever, malaria, bronchitis, kencing manis, sembelit dan asam urat.  Hal ini karena buah sirsak juga bisa menurunkan tekanan darah, anti parasit, obat penenang yang berfungsi mengatasi depresi, meningkatkan kekebalan tubuh, radang sendi dan juga untuk asam urat (Van Steenis, 2000).


e. Nilai komersial

Annona muricata (sirsak) dapat dijadikan selai buah atau sirop dan dapat juga digunakan dalam pembuatan es krim. Di Indonesia dodol sirsak dibuat dengan cara daging buahnya dipanaskan dalam air dan diberi gula sampai campuran itu mengental. Di Filipina, buah sirsak muda beserta bijinya yang masih lunak digunakan sebagai sayuran. Buah tua yang masih keras dapat dibuat kue yang lezat rasa dan aromanya (Anonim, 2011).

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Tumbuhan Sirsak, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)