-->

Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Bunga Mawar

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Bunga Mawar. Silahkan disimak!

a. Morfologi

Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter. Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Bunga terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Warna bunga biasanya putih dan merah jambu atau kuning dan merah pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak. (Wikipedia, 2011).


b. Klasifikasi

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Dycotiledonae
Ordo : Rosales
Family :Rosaceae
Genus : Rosa
Species : Rosa sinensis


c. Ekologi

Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun. Mawar tumbuh subur di daerah beriklim sedang walaupun beberapa kultivar yang merupakan hasil metode penyambungan (grafting) dapat tumbuh di daerah beriklim subtropis hingga daerah beriklim tropis. Suhu yang cocok bagi tumbuhan ini adalah suhu yang berkisar dari 30⁰ C -  60⁰ C. Dengan kisaran pH 3 – 4.


d. Nilai Medis

Bunga mawar biasa disebut sebagai Bunga Ratu karena warnanya yang menarik dan keberadaannya yang mendominasi dalam tatanan kehidupan manusia. Selain itu bermanfaat sebagai antiinflamasi, antikarsinogen, antiallergenik dan sebagainya. Bunga mawar kerap digunakan sebagai bahan dalam minuman untuk mereka yang menderita penyakit iritasi usus, kantung empedu, dan masalah pada hati. Biasanya air mawar tersebut diekstrak bersamaan dengan teh, menjadi paduan minuman sehat yang wangi dan memiliki banyak khasiat dalam tubuh.  Air mawar merupakan air bersih dan memiliki aroma yang mampu meningkatkan suasana hati. Warna mawar yang menarik terbukti juga dapat mengurangi kadar stress atau depresi karena warnanya yang menari dan indah. (Anonim, 2011).


e. Nilai Ekonomi

Bunga mawar memang tak selalu dijual mahal. Umumnya dipasaran, bunga mawar akan dikemas dan harga dipatok sesuai dengan jenis tampilannya. Misalnya bonds of love dipatok dengan harga Rp 350 ribu. A special way, boleh dibawa pulang dengan harga Rp 325 ribu. Mawar yang dimodifikasi dengan boneka, dibanderol Rp 285 ribu. Dan jika mawar itu dipadupadankan dengan black forest, maka harganya Rp 375 ribu. Tetapi untuk harga mawar pertangkainya adalah berkisar antra Rp. 5000 – Rp. 10000. Selain sebagai bingkisan, bunga mawar juga memiliki nilai ekonomi yamh sangat tinggi, karena keunggulannya sebagai bahan baku pembuatan parfum.

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Bunga Mawar, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)