-->

Pengertian Dan Jenis Adsorpsi

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai materi belajar tentang Pengertian Dan Jenis Adsorpsi, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Adsorpsi adalah gejala pengumpulan molekul-molekul suatu zat pada permukaan zat lain sebagai akibat daripada ketidakjenuhan gaya-gaya pada permukaan tersebut. Untuk proses adsorpsi dalam larutan, jumlah zat yang teradsorpsi bergantung pada beberapa faktor:
a. Jenis adsorben
b. Jenis adsorbat atau zat yang teradsorpsi
c. Luas permukaan adsorben
d. Konsentrasi zat terlarut
e. Temperatur

Ada dua tipe adsorbsi, dimana perbedaan antara kedua tipe adsorbsi ini ditentukan oleh panas reaksi yang terlibat dalam proses adsorbsi tersebut. Kedua tipe reaksi tersebut adalah :

1. Adsorpsi fisik
Adsorpsi fisik adalah adsorpsi yang terjadi akibat gaya interaksi tarik-menarik antara molekul adsorben dengan molekul adsorbat. Adsorpsi ini melibatkan gaya-gaya Van der Wals (sebagai kondensasi uap). Jenis ini cocok untuk proses adsorpsi yang membutuhkan proses regenerasi karena zat yang teradsorpsi tidak larut dalam adsorben tapi hanya sampai permukaan saja. Adsorpsi secara fisika ini mempunyai karakteristik antara lain panas reaksi yang rendah yaitu 10.000 kal/mol atau kurang.

2. Adsorpsi Kimia
Adsorpsi kimia adalah adsorpsi yang terjadi akibat interaksi kimia antara molekul adsorben dengan molekul adsorbat. Proses ini pada umumnya menurunkan kapasitas dari adsorben karena gaya adhesinya yang kuat sehingga proses ini tidak reversibel. Adsorpsi secara kimia ini melibatkan panas adsorpsi yang cukup besar yaitu antara 10.000 kal/mol sampai 20.000 kal/mol.

Sekian artikel mengenai Pengertian Dan Jenis Adsorpsi, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)