-->

Ciri Khusus Beberapa Jenis Tumbuhan

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Ciri Khusus Beberapa Jenis Tumbuhan. Silahkan disimak!

Sama halnya dengan hewan, tumbuhanpun mempunyai ciri khusus berdasarkan tempat tinggalnya. Pada pembahasan kali ini kamu akan mempelajari ciri khusus dari kaktus dan tanaman pemangsa serangga, yaitu kantung semar.


1. Kaktus

Pernahkah kamu melihat tanaman kaktus? Bagaimana bentuknya? Kaktus umumnya hidup di daerah gurun, yaitu daerah yang gersang di mana curah hujan sangat sedikit dan matahari menyinarinya setiap hari dengan panas yang terik.

Karena berada di daerah yang gersang dan kekurangan air, kaktus mempunyai ciri khusus, di antaranya batangnya seperti spons yang banyak mengandung air berguna sebagai cadangan makanan. Kaktus tidak mempunyai daun yang lebar, tetapi daunnya menyerupai duri. Mengapa demikian? Daun kaktus seperti duri berguna untuk mengurangi penguapan. Karena daun berbentuk duri mempunyai permukaan yang sangat kecil. Permukaan batang kaktus dilapisi lilin berguna untuk menahan cadangan makanan yang berada pada batang berupa air tidak menguap.

Kaktus mempunyai akar yang panjang. Akar ini berguna mencari air di dalam tanah yang dalam. Kaktus mempunyai bunga yang indah. Bunga kaktus mekar pada malam hari,tetapi bunganya tidak dapat bertahan lama. Setelah mekar di malam hari, pagi haripun sudah kembali layu.


2. Tumbuhan Pemakan Serangga

Tumbuhan pemakan serangga yang akan kamu pelajari kali ini adalah Venus dan Kantung Semar.

a. Tumbuhan Venus
Tumbuhan venus disebut juga tumbuhan perangkap serangga. Tumbuhan ini memakan hewan-hewan kecil,misalnya serangga dan Sama halnya dengan tumbuhan lain ,tumbuhan venus juga dapat membuat makanan sendiri dengan cara fotosintesis . Nitrogen yang dibutuhkan tumbuhan venus tidak diperoleh dari sari-sari makanan yang dihisap dari dalam tanah, tetapi dapat diperoleh dari hewan hewan kecil seperti serangga.
Tumbuhan venus memiliki daun yang terbagi dua bagian dengan semacam engsel di bagian tengahnya, pada bagian tepi daun bentuknya menjari. Kedua bagian daun terbuka seperti buku yang terbuka. Jika seekor serangga mendarat di permukaan daun, maka daun akan menutup dengan cepat. Sehingga serangga tersebut terperangkap tidak dapat keluar lagi.

b. Tumbuhan Kantung Semar
Sama halnya dengan tumbuhan venus, kantung semar memangsa binatang kecil seperti serangga, selain dapat membuat makanan sendiri dengan cara fotosintesis. Kantung semar biasa hidup di daerah yang lembab, yaitu di sekitar rawa.
Kantung semar mempunyai ciri daunnya berbentuk kantung seperti pantat Semar dalam pewayangan, dilengkapi sehelai tutup yang sedikit menutupi bagian atasnya. Seekor serangga akan hinggap pada bibir kantung semar karena tertarik oleh baunya yang manis, kemudian serangga akan terperangkap jatuh ke dasar kantung. Serangga tidak dapat keluar lagi karena terjerat menempel pada dinding kantung semar. Akhirnya, serangga tersebut dicerna oleh cairan yang ada dalam kantung semar. Saat ini, banyak orang yang membudidayakan tumbuhan venus dan kantung semar untuk sekedar hobi karena keunikan yang dimilikinya.

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Ciri Khusus Beberapa Jenis Tumbuhan, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)