-->

Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia. Silahkan disimak!

Perkembangan dan pertumbuhan manusia diawali sejak terjadinya pembuahan, yaitu meleburnya sel kelamin betina (sel telur) dengan sel kelamin jantan (spermatozoid). Kemudian, berkembang menjadi embrio. Embrio berkembang dan tumbuh menjadi janin. Tahap pertumbuhan dan perkembangan manusia terbagi menjadi tujuh, yaitu:
  1. Tahap sebelum lahir disebut juga tahap pranatal. Tahap ini mulai dari pembuahan hingga janin dilahirkan. Ketika lahir, bayi akan menangis. Pada saat itulah bayi mulai bernapas menggunakan paru-paru.
  2. Tahap orok, yaitu sejak lahir hingga berusia dua minggu. Saat lahir tulang bayi adalah tulang rawan, belum keras. Pada saat ini terjadi gerak reflek, seperti menguap, mengisap, dan menelan.
  3. Tahap bayi, yaitu sejak usia dua minggu hingga usia dua tahun. Pada tahap ini bayi mulai belajar membalikkan badan, belajar duduk, berdiri hingga akhirnya berjala. Bayipun mulai berbicara.
  4. Tahap anak-anak usia 2 tahun sampai usia 11 tahun. Pada usia ini pertumbuhan lambat.
  5. Tahap remaja yaitu usia 11 tahun sampai 19 tahun bagi perempuan, bagi laki-laki antara 12 tahun sampai 21 tahun. Pada tahap ini terjadi pertumbuhan fisik yang pesat ditandai dengan perubahan fisik yang menonjol, seperti perkembangan daya pikir dan daya ingat cepat.
  6. Tahap dewasa adalah tahap tubuh berada pada puncak perkembangan baik fisik maupun mental. Pada tahap ini, fisik sudah tidak tumbuh lagi, malahan cenderung menurun. Wanita usia 45 sampai 50 tahun sudah tidak dapat melahirkan lagi (menopause).
  7. Masa tua adalah masa penurunan kondisi fisik, gerakan menjadi lemah, kulit menjadi keriput.

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)