-->

Penerapan Konsep Laju Reaksi dalam Industri

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai materi belajar tentang Penerapan Konsep Laju Reaksi dalam Industri, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Dalam bidang industry, konsep pengaruh luas permukaan bidang sentuh terhadap laju reaksi diterapkan pada beberapa industri, antara lain sebagai berikut.

a. Industri kertas
Dalam pembuatan kertas, bahan baku kertas seperti batang padi, kulit batang pohon pisang, daun pohon enau, batang alang-alang, dan lertas bekas, digerus terlebih dahulu untuk membuat bubur kertas. Penggerusan sampai halus ini bertujuan memperluas permukaan bidang sentuh sehingga campuran menjadi homogeny dan reaksi berlangsung sempurna.

b. Industri tambang
Bahan-bahan baku yang sering ditambang, seperti pirit, batu kapur, dan batu bara tersedia dalam bentuk butiran kasar. Untuk mempercepat reaksi pada pengolahan selanjutnya, butiran-butiran tersebut dihancurkan sampai halus.

c. Industri aluminium
Logam aluminium diperoleh dari mineral bauksit melalui proses peleburan dan elektrolisis. Sebelum proses peleburan, bijih bauksit diperkecil dengan mesin penggiling,dikeringkan, dam dihancurkan dalam kilang menjadi bubuk halus.

d. Industri semen
Dalam industri semen, batu kapur dihancurkan menggunakan mesin penghancur sampai halus. Penghancuran ini bertujuan mempercepat reaksi pada proses
selanjutnya.

Sekian artikel mengenai Penerapan Konsep Laju Reaksi dalam Industri, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)