-->

Ciri Khusus Beberapa Jenis Hewan

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Ciri Khusus Beberapa Jenis Hewan. Silahkan disimak!

Tahukah kamu mengapa kelelawar tidur di siang hari dan mencari mangsa di malam hari? Hal ini dikarenakan kelelawar memiliki ciri khusus. Untuk itu, mari bersama pelajari ciri khusus beberapa jenis hewan.


1. Kelelawar

Kelelawar adalah salah satu jenis hewan mamalia yang dapat terbang. Kelompok ini terdiri atas ribuan jenis. Di antara ribuan jenis kelelawar ada yang memakan serangga ada yang memakan buah buahan, menghisap madu bunga, bahkan ada yang menghisap darah. Umumnya, hewan ini tinggal di gua, langit-langit bangunan,dan pohon besar. Pernahkah kamu memperhatikan bentuk tubuh kelelawar?

a. Ciri Khusus Kelelawar
Ciri khusus apakah yang kamu temukan pada bentuk tubuh kelelawar? Sayap kelelawar berbeda dengan sayap burung atau serangga. Sayap kelelawar terdiri atas selaput kulit yang lentur. Selaput ini membentang antara tulang-tulang jari dan tulang lengannya. Bagian mirip cakar adalah ibu jari kelelawar. Saat sayapnya terlipat, kelelawar menggunakannya untuk menggantung atau mendaki pohon.

b. Hubungan antara Ciri Khusus yang Dimiliki Hewan
Kelelawar dengan Lingkungan Hidupnya Sebagian besar kelompok kelelawar melakukan kegiatan hidupnya pada malam hari. Pada siang hari hewan ini tidur. Cara tidur kelelawar bergantung dengan badan terbalik. Kelelawar memiliki alat pendeteksi atau sonar pada tubuhnya untuk mendengarkan pantulan suara benda-benda sekitarnya. Alat ini berguna untuk kehidupan di gua yang gelap atau terbang pada malam hari. Kelelawar mengeluarkan gelombang suara selama ia terbang dan mencari makan. Ketika gelombang suara mengenai sesuatu, gelombang suara akan dipantulkan. Dengan indera pendengarannya yang tajam, kelelawar dapat mendengar pantulan yang halus sekalipun. Dari suara pantulan inilah kelelawar dapat mengetahui arah terbang, makanan, dan keadaan lingkungan sekitarnya. Kemampuan kelelawar untuk mengetahui arah terbang dan makanan serta keadaan lingkungannya dengan menggunakan suara pantulan suara disebut echolokasi.


2. Cecak

Bagaimana cara cicak melindungi diri dari serangan musuh? Cecak dan beberapa jenis kadal lainnya memiliki cara perlindungan terhadap serangan musuh. Inilah yang merupakan ciri khusus cecak. Ketika musuh hendak memangsanya, cecak memutuskan ekornya sehingga cecak dapat mengelabui musuh. Dengan begitu, cecak dapat melarikan diri. Makanan cecak adalah serangga kecil seperti nyamuk dan laron. Serangga ini merupakan hewan yang dapat terbang. Untuk mendapatkan makanan tersebut cecak merayap dan menempel di dinding atau langit-langit bangunan. Mengapa cecak dapat merayap di dinding? Pada kaki cecak terdapat bagian yang menonjol dan panjang. Bagian ini berfungsi sebagai alat pelekat. Dengan bentuk kaki demikian, cecak dapat merayap pada dinding dan langit-langit sehingga mudah menangkap makanannya.


3. Bebek

Di manakah bebek biasa hidup? Bebek biasa hidup di air. Karena hidup di air, bebek mempunyai ciri khusus. Ciri apakah yang dimiliki bebek? Bebek mempunyai paruh yang pipih berguna untuk mencari makanan di air atau di lumpur. Kaki bebek berselaput. Selaputnya berada di antara jari-jarinya. Selaput kaki bebek berguna untuk mengayuh saat bebek berenang. Selain itu bebek mempunyai kelenjar minyak yang berada di pangkal ekor berguna untuk meminyaki bulu bebek. Sehingga, apabila berada di air, bulu bebek tidak basah.

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Ciri Khusus Beberapa Jenis Hewan, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)