-->

Pengertian Reaksi Kimia

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai materi belajar tentang Pengertian Reaksi Kimia, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Reaksi kimia adalah suatu proses alam yang selalu menghasilkan senyawa kimia. Bagian ilmu kimia yang membahas tentang kecepatan atau laju dimana suatu reaksi kimia berlangsung disebut “Kinetika Kimia”.

Bahan-bahan kimia yang mengandung kalium klorat, besi, kalsium, stronsium, litium, natrium, tembaga, barium dan kalium dicampurkan dalam tabung yang terbuat dari kertas. Ketika api dinyalakan, campuran itu terbakar menyemburkan pijar-pijar api. Itu merupakan reaksi kembang api.

Kembang api merupakan salah satu contoh reaksi kimia. Setiap reaksi kimia memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Ada reaksi kimia yang berlangsung cepat atau sebaliknya. Reaksi pembakaran bensin dalam mesin berlangsung sangat cepat, sedangkan reaksi perkaratan besi dan pembentukan beton dari semen, air dan pasir berlangsung lambat.

Untuk mengetahui berapa lama suatu reaksi berlangsung, kita harus mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi laju reaksi, menentukan orde reaksi. Dan laju reaksi tidak terlepas dari adanya peran konsentrasi.

Sekian artikel mengenai Pengertian Reaksi Kimia, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)