-->

Pengertian Laju Reaksi

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai materi belajar tentang Pengertian Laju Reaksi, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Laju reaksi didefinisikan sebagai perubahan konsentrasi reaktan atau produk tiap satuan waktu. Konsentrasi pereaksi dalam suatu reaksi kimia semakin lama semakin bertambah. Perubahan laju konsentrasi setiap unsur dibagi dengan koefisiennya dalam persamaan yang seimbang/stoikiometri. Laju perubahan reaktan muncul dengan tanda negatif dan laju perubahan produk dengan tanda positif.

Laju  (kecepatan) menunjukkan sesuatu yang terjadi persatuan waktu : misalnya per detik, per menit, per jam, per hari, bahkan per tahun. Dalam reaksi kimia, laju reaksi dinyatakan sebagai perubahan konsentrasi zat pereaksi atau zat hasil reaksi tiap satuan waktu. Berdasarkan definisi di atas, maka laju reaksi mempunyai satuan (konsentrasi) x  .

Konsentrasi biasanya dinyatakan dalam molar (mol x  ) dan untuk waktu dapat digunakan detik, menit untuk reaksi yang berjalan relatif cepat dan jam untuk reaksi yang lambat.

Ada dua pengertian dari laju reaksi yaitu laju rata – rata dan laju seketika. Laju reaksi rata – rata menyatakan perubahan konsentrasi yang terjadi pada selang waktu tertentu. Laju reaksi rata – rata dianalogikan dengan kecpatan rata – rata mobil.

Pengukuran laju reaksi untuk reaksi yang tidak terlampau cepat dapat digunakan berbagai cara. Untuk mengamati perubahan konsentrasi dapat dilakukan baik secara kimia maupun fisika.

Sekian artikel mengenai Pengertian Laju Reaksi, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)