-->

Pengertian Dan Jenis Larutan

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai materi belajar tentang Pengertian Dan Jenis Larutan, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Dalam kimia larutan adalah campuran homogeny  yang terdiri dari dua atau lebih zat. Zat yang jumlahnya lebih sedikit di dalam larutan disebut (zat) terlarut atau solut, sedangkan zat yang jumlahnya lebih banyak daripada zat-zat lain dalam larutan disebut pelarut atau solven. Komposisi zat terlarut dan pelarut dalam larutan dinyatakan dalam konsentrasi larutan, sedangkan proses pencampuran zat terlarut dan pelarut membentuk larutan disebut pelarutan atau solvasi.

Contoh larutan yang umum dijumpai adalah padatan  yang dilarutkan dalam cairan, seperti  garam atau gula dilarutkan dalam air. Gas juga dapat pula dilarutkan dalam cairan, misalnya karbondioksida dan oksigen dalam air. Selain itu, cairan dapat pula larut dalam cairan lain, sementara gas larut dalam gas lain. Terdapat pula larutan padat, misalnya aloi (campuran logam) dan mineral tertentu.

Ketika suatu zat ditambahkan ke suatu larutan, bahkan ketika larutan tersebut encer dan teraduk dengan baik akan selalu ada beberapa daerah lokal yang berkonsentrasi tinggi. Dengan menggunakan suatu prosedur, maka zat tersebut dapat dihasilkan sebagai hasil reaksi yang terjadi dalam larutan. Teknik ini biasanya disebut pengendapan dari larutan homogen. Dan pelarutnya. Campuran homogen adalah penggabungan dua zat tunggal atau lebih yang sama partikelnya menyebar merata dan membentuk suatu fase. Yang dimaksud satu fase adalah zat yang sifat dan komposisinya sama antara satu bagian yang lain didekatnya, misalnya larutan gula. Larutan didefinisikan sebagai campuran homogen antara zat pelarut Larutan terdiri atas larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit.

Larutan dibedakan menjadi 2 macam , yaitu:

Larutan elektrolit
Larutan elektrolit adalah larutan senyawa dalam air atau lelehannya dan dapat menghantarkan arus listrik karena mengandung ion positif (kation) dan ion negative (anion). Didalam larutan elektrolit terdapat senyawa ion dan senyawa kovalen. Senyawa ion umumnya terdapat pada larutan garam dan basa, sedangkan senyawa kovalen umumnya terdapat pada asam. Larutan elektrolit berdasarkan kekuatan ada yang lemah dan kuat. Larutan elektrolit kuat yaitu yang mudah terionisasi atau banyak menghasilkan ion, sedangkan larutan elektrolit lemah yaitu yang sukar terionisasi atau sedikit menghasilkan ion.

Larutan nonelektrolit
Larutan ini umumnya terdapat dalam senyawa organik kecuali HCOOH (asam formiat) dan CH3COOH (asam asetat). Kedua larutan ini termasuk dalam golongan elektrolit lemah.

Sekian artikel mengenai Pengertian Dan Jenis Larutan, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)