-->

Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Tumbuhan Biduri

Ditulis oleh: Materi Belajar Inside
Berikut ulasan mengenai Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Tumbuhan Biduri. Silahkan disimak!

a. Morfologi

Daun biduri merupakan daun tidak lengkap, bertangkai pendek, letaknya berhadapan. Helaian daun berbentuk bulat telur (ovatus) atau bulat panjang, ujung (apex) tumpul (obtusus), pangkal (basis) berbentuk jantung, tepi (margo) rata (integer), pertulangan (nerfatio) menyirip (penninerfis), panjangnya 8-30 cm, lebar 14-15 cm, berwarna hijau muda. (anonim2, 2009)


b. Klasifikasi

Klasifikasi biduri sebagai berikut :
Kingdom : Plantea
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Family : Asclepiadaceae
Genus : Calotropis
Spesies : Calotropis gigantea


c. Ekologi

Biduri dapat tumbuh dari biji di lahan yang relatif kering seperti padang rumput kering, lereng-lereng gunung yang rendah, dan pantai berpasir. Tanaman perenial ini mempunyai persebaran di wilayah tropis dan subtropis, di benua Asia dan Afrika (Ahmed et all, 2005)


d. Nilai medis

Dimanfaatkan untuk keperluan pengobatan tradisional. Bagian kulit akar bermanfaat memacu kerja enzim pencernaan, peluruh kencing (diuretik), peluruh keringat (diaforetik), dan perangsang muntah (emetik). Kulit batang yang diolah dahulu berguna untuk perangsang muntah, sedang bunganya berkhasiat tonik, serta menambah nafsu makan (stomakik). Daunnya berkhasiat rubifisien dan menghilangkan gatal. Getah yang disekresikan bersifat racun, namun berkhasiat sebagai obat pencahar. Hampir semua organ tubuh tanaman mengandung senyawa-senyawa kimia bermanfaat. Secara umum, akar mengandung saponin, sapogenin, kalotropin, kalotoksin, uskarin, kalaktin, gigantin, dan harsa. Organ daun mengandung bahan aktif seperti saponin, flavonoid, polifenol, tanin, dan kalsium oksalat. Kandungan pada batang berupa tanin, saponin, dan kalsium oksalat. Getah yang dihasilkan juga memuat senyawa racun jantung yang menyerupai digitalis (Kongkow, 2007).


e. Nilai komersial

Dapat digunakan makanan jengkrik. Untuk peternak jengkrik, membeli Rp 1.500,00/bungkus serta dan juga digunakan oleh sebagian industry obat-obatan karena terdapat zat-zat yang terkandung dalam biduri yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit.

Sekian artikel dari Materi Belajar Inside mengenai Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Tumbuhan Biduri, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.
Lihat juga:
Kumpulan Artikel Tentang IPA (Biologi, Fisika, Kimia)